Kamis, 25 Juli 2019

Cara Berbisnis Online (dalam Tiga Langkah yang Cepat & Pasti)!

Hari ini saya ingin nulis dikit tentang cara berbisnis online versi saya.
Sebelumnya, saya mau kasih tahu anda bahwa post ini dibuat bukan oleh blogger pemula yang
menulis untuk mendapatkan trafik, melainkan oleh saya yang sudah malang melintang di dunia bisnis
online selama kurang lebih 5 tahun, oleh karenanya saya ingin anda perhatikan serius apa yang saya
tulis di bawah ini.
Cara Berbisnis Online dalam Tiga
Tahap



Seperti yang selalu saya bilang, bisnis online itu kurang lebih sama saja dengan bisnis normal di
dunia nyata.
Setiap bisnis itu mendapatkan uang dengan cara menukarkan value yang ia miliki dengan aset (uang)
orang lain.
Dan bisnis itu, di mana-mana butuh tiga hal:
 Penawaran (produk atau jasa)
 Pengunjung (trafik atau views)
 Konversi (kemampuan untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli)
Contoh gampang adalah restoran dan/atau jasa laundry...
Mereka punya penawaran berupa makanan dan jasa laundry.
Mereka memilih tempat dimana banyak pengunjung (tidak mungkin restoran buka di sebelah
kuburan).

Dan mereka berusaha untuk mengkonversi dengan menawarkan harga yang kompetitif, rasa yang
enak, layanan yang cepat, menu yang variatif, dan lain-lain.
Hal yang sama juga berlaku pada bisnis online atau bisnis apapun yang waras.
Anda pasti tahu bahwa tidak ada jalan sukses yang mudah, dan meskipun ada banyak keunggulan
dalam bisnis online, bukan berarti bisnis ini mudah.
Kembali ke topik, mari kita bahas satu persatu tentang cara berbisnis online dalam tiga langkah ini.
Elemen Bisnis Online #1: Penawaran

Anda harus pastikan bahwa anda punya sesuatu untuk ditawarkan pada orang lain. Sesuatu yang
bisa anda jual. Hal ini bisa berupa produk dan jasa.
Jika anda blogger, yang anda jual sebenarnya adalah potensi klik atau pengunjung yang bisa
pengiklan anda dapatkan. Namun jika anda tidak atau belum punya keahlian untuk menghasilkan
pengunjung ribuan orang per hari ke situs anda, saya sarankan anda cari hal lain untuk ditawarkan.
Saya pribadi tidak menjual slot iklan, karena saya bukan ahli dalam mendatangkan trafik. Tapi saya
tetap bisa mendapatkan uang dari internet (bisnis online saya) karena saya punya produk.
Jika anda mengikuti saya cukup lama, anda pasti juga tahu kalau saya berjualan peralatan ternak lele
dan baru-baru ini mencoba berjualan baju korea.
Teman saya menjual jersey (kaos bola), teman saya yang lain lagi berjualan baju batik trendi, dulu
pernah ada teman saya di Jawa Barat yang berjualan sepatu futsal. Saya punya banyak teman yang
menawarkan jasa konsultasi SEO, dan dulu saya pernah menjual jasa pembuatan toko online.
Dengan memiliki produk atau jasa, trafik atau pengunjung yang sedikit tidak masalah karena anda
akan tetap menghasilkan uang.
Setelah anda memiliki produk, anda perlu tempat untuk meletakkan produk anda dalam sebuah
'tempat' di internet.
Untuk melakukan hal ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, anda bisa membuat website
anda sendiri (bisa berupa website profesional atau blog gratis di Blogger), atau dengan
menumpang tempat di Facebook, TokoBagus.com, dan lain-lain. Saya jelaskan secara detail di post
ini: Bisnis Online Tanpa Modal.

Jika anda ingin tutorial video tentang cara bikin website, silakan lihat halaman ini: Video Tutorial
Bisnis Online.
Jika karena suatu alasan anda tidak punya produk atau jasa yang bisa anda tawarkan, anda bisa
mencari kenalan atau saudara atau teman atau siapapun yang memiliki produk, dan tawarkan kerja
sama (ini hal yang saya lakukan dengan ayah saya untuk situs BeliLele.com saya).
Jika masih tak punya produk, anda mungkin bisa pertimbangkan join premium membership saya di
mana saya jelaskan di post premium saya: Cara Rahasia Mencari Produk Harga Grosir untuk
Toko Online Anda.
Jika anda tak ingin memiliki produk sendiri, anda bisa pertimbangkan untuk menjadi affiliate (makelar
online) dan gabung affiliate network.
Sayangnya sampai saat ini belum ada affiliate network yang layak di Indonesia sejauh yang saya
tahu. Jika anda tertarik menjadi affiliate, anda terpaksa harus join affiliate network global seperti
Amazon, Clickbank, dan lain-lain dan menjual ke pasar global. Keahlian berbahasa inggris untuk
menjual produk menjadi diperlukan.
Anyway, seandainya anda tertarik anda bisa cek video saya tentang cara daftar affiliate
network: Video Tutorial Belajar Bisnis Online.
Elemen Bisnis Online #2: Pengunjung

Menurut saya ini adalah hal yang relatif paling sulit. Karena kontrolnya terletak di luar tangan kita dan
ada banyak hal yang mempengaruhi. Namun, saya akan coba jelaskan semua cara mendapatkan
trafik yang bisa anda coba.
Jika anda menggunakan situs seperti TokoBagus.com, Facebook.com, atau menggunakan forum
sebagai tempat anda untuk memajang produk atau jasa anda, maka sebenarnya secara default sudah
ada pengunjung yang akan melihat penawaran anda.
Yang anda perlukan hanya tinggal memaksimalkannya.
Namun jika anda menggunakan website anda sendiri, maka anda perlu tambahan cara lain, karena
orang tak akan mampir ke situs yang mereka tidak ketahui -- oleh karenanya situs anda harus bisa
'dilihat' oleh orang lain sehingga bisa dikunjungi.
Search Engine

Cara pertama yang sering digunakan orang adalah dengan mencoba me-listing situs mereka ke mesin
pencari (search engine seperti Google).
Secara default sebenarnya blog anda (Blogger ataupun WordPress) sudah melakukan ping ke search
engine untuk memastikan bahwa situs anda ter-index oleh search engine.
Namun tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan hal tersebut sehingga tidak hanya ter-index,
melainkan situs anda juga tampil di ranking tinggi di mesin pencari pada kata kunci yang anda
inginkan. Hal inilah yang sering dipanggil Search Engine Optimization (SEO).
Pembahasan tentang SEO merupakah cakupan lain di luar post ini, jika ingin informasi lebih lanjut,
anda bisa cek video saya: Video Tutorial Belajar SEO. Scroll sampai bagian yang membahas
tentang SEO.
Cara Lain Mendapatkan Pengunjung Selain Search Engine
Manfaatkan situs lain, anda bisa menggunakan Facebook.com untuk mempromosikan post atau
produk anda, membagikan situs anda ke situs seperti Digg.com atau StumbleUpon.com,
buat banyak video dan promosikan melalui YouTube.com, DailyMotion.com, Vimeo.com dan lain-
lain, berkontribusi di blog atau situs orang lain, promosi di forum, dan banyak lagi...
Ada sangat banyak cara mendapatkan trafik, saya tidak akan membahas semua cara karena terlalu
banyak.
Namun ingat, jika anda punya produk atau jasa (bukan sekedar blogger dengan modal hanya
tulisan), tidak butuh pengunjung ribuan untuk pendapatan jutaan rupiah per bulan.  Biasanya
trafik dari search engine dan kenalan anda sudah cukup.
Elemen Bisnis Online #3: Konversi

Ini adalah aspek yang paling menyenangkan dari bisnis. Mengubah pengunjung menjadi pembeli.
Dan yang menarik dari bisnis onlineadalah kurang lebih anda bisa mengotomatisasikan hal ini.
Jika anda berjualan produk informasi seperti saya, anda pasti familiar dengan payment processor
bernama PayPal.
Anda bisa membuat tombol beli menggunakan PayPal, dimana setelahnya anda tak perlu melakukan
apapun untuk menangani transaksi (karena PayPal sudah secara otomatis menangani pembelian dan
mengantarkan pembeli anda ke produk yang ia beli).

Itu hal yang paling utama dari mengubah pengunjung menjadi pembeli, yaitu memiliki cara agar
pengunjung bisa membeli dari kita. Jika kita memiliki produk dan trafik yang berlimpah, tapi kita tak
memberi informasi tentang cara membeli, mereka tak akan membeli dari kita. Sesederhana itu.
Jika anda menjual produk fisik atau jasa secara online, anda bisa menerima pembayaran secara
transfer. Pastikan anda mencantumkan cara pembayaran dan cara agar calon pembeli anda bisa
mengkonfirmasikan pembayarannya pada anda.
Cara lain yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan konversi adalah dengan mengkomunikasikan
sebaik mungkin produk anda. Anda bisa belajar lebih banyak tentang hal ini dengan mengikuti
pelatihan sales (saya belajar dari audio Sales Revolution-nya pak Tung Desem Waringin), atau belajar
copywriting.
Dan karena topik mengenai konversi ini juga sangat luas, saya rasa pembahasannya akan
membutuhkan satu post tersendiri (post ini sendiri sudah lebih dari 1000 kata).
Resep & Cara Berbisnis Online?

Anda sekarang sudah tahu resep saya berbisnis online.
Sangat sederhana, jadi jangan dipersulit dan diperumit. Anda sudah mengerti semua kepingan puzzle
nya, kini saatnya anda untuk melakukan semua yang anda bisa untuk segera me-launch bisnis online
anda -- apapun itu.
Demikian dari saya, semoga bermanfaat! Salam pintar!

cr ; syamsulalam.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar