1. Cari
Target Pasar Terlebih Dahulu
Yang pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah mencari
target pasar. Jangan memulai bisnis online tanpa menentukan target pasar.
Mengapa? Karena betapa pun bagusnya produk atau jasa yang Anda miliki jika
target pasarnya tidak jelas, tidak akan berhasil karena orang tidak tertarik. Analisa
target pasar Anda terlebih dahulu dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana
berikut:
1.
Kepada siapa bisnis Anda ditujukan berdasarkan
demografis? [Gender, Usia, Status, dan sebagainya] Contoh: Menjual
produk kemeja premium kepada
pria yang sudah bekerja, menengah ke atas, berusia 23 tahun ke atas.
2.
Solusi untuk permasalahan apa yang ditawarkan
oleh bisnis Anda?
Contoh: Anda membutuhkan transportasi yang murah dan cepat dan bisa dipesan kapan pun di mana pun, maka Go-Jek muncul sebagai solusi.
Contoh: Anda membutuhkan transportasi yang murah dan cepat dan bisa dipesan kapan pun di mana pun, maka Go-Jek muncul sebagai solusi.
3.
Apa yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor?
Apa kelebihan dan keunikannya?
Contoh: Go-Jek menawarkan fixed price untuk layanannya sehingga lebih murah, sementara Uber tidak, yang masih bergantung dengan kondisi lalu lintas maka harga sewaktu-waktu bisa naik.
Contoh: Go-Jek menawarkan fixed price untuk layanannya sehingga lebih murah, sementara Uber tidak, yang masih bergantung dengan kondisi lalu lintas maka harga sewaktu-waktu bisa naik.
2. Siapkan
Produk
Jika Anda saat ini hanya akan menjalani bisnis online Anda
seorang diri, maka Anda harus menemukan vendor yang tepat untuk menciptakan
sebuah produk. Jika sudah, mulai berkreasi dengan produk bisnis Anda. Tak perlu
terlalu inovatif di tahap awal, atau jika Anda memang memiliki ide yang sangat
inovatif, maka langsung realisasikan. Ketika produk Anda sudah selesai, jangan
langsung menjualnya di internet. Sebarkan terlebih dahulu ke teman atau kerabat
Anda, minta tanggapan mereka.
Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menentukan
produk bisnis yang tepat dan berkualitas:
1.
Temukan manfaat dan keunggulan utama dari produk Anda.
2.
Temukan keunikan utama produk Anda.
3.
Apakah kualitasnya sudah terjamin?
4.
Perbaiki produk jika Anda mendapatkan kritik.
5.
Terus menggali ide bisnis dari pasar potensial Anda.
3.
Pemasaran Online: Bagaimana Pemasaran di Internet Dapat Dikerjakan?
Prinsipnya hampir serupa dengan offline, namun ada banyak faktor
yang membuat Anda harus bekerja super ekstra. Di internet, semua orang, siapa
pun dan di mana pun mereka berada sangat mungkin untuk menikmati bisnis Anda.
Tapi bagaimana caranya agar mereka bisa sampai kepada Anda? Itulah peran
pemasaran online atau online marketing.
Berikut beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan
pemasaran melalui internet:
1.
Membuat sebuah
Blog untuk kepentingan content marketing.
2.
Membuat media sosial khusus untuk bisnis Anda: Facebook Fanpage,
Twitter, Instagram Business, hingga Youtube dan Linkedin
3.
Aktif berpartisipasi di forum tapi jangan melulu mempromosikan
bisnis Anda, melainkan membantu menjawab permasalahan dan memberikan solusi
yang tepat.
4.
Pelajari SEO.
5.
Belajar internet marketing lebih dalam lagi.
4.
Bangun Website Khusus Untuk Bisnis Online
Apapun jenis bisnis Anda, sebuah website khusus tentunya sangat
penting jika Anda memang berniat untuk berbisnis di internet. Buatlah sebuah
website untuk bisnis online Anda menggunakan platform berikut:
-
WordPress
-
Shopify
-
Blogger
Tidak ada komentar:
Posting Komentar