Kamis, 05 September 2019

Cara Memulai Bisnis Online


1. Cari Target Pasar Terlebih Dahulu
Yang pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah mencari target pasar. Jangan memulai bisnis online tanpa menentukan target pasar. Mengapa? Karena betapa pun bagusnya produk atau jasa yang Anda miliki jika target pasarnya tidak jelas, tidak akan berhasil karena orang tidak tertarik. Analisa target pasar Anda terlebih dahulu dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana berikut:


1.      Kepada siapa bisnis Anda ditujukan berdasarkan demografis? [Gender, Usia, Status, dan sebagainya] Contoh: Menjual produk kemeja premium kepada pria yang sudah bekerja, menengah ke atas, berusia 23 tahun ke atas.
2.      Solusi untuk permasalahan apa yang ditawarkan oleh bisnis Anda?
Contoh: Anda membutuhkan transportasi yang murah dan cepat dan bisa dipesan kapan pun di mana pun, maka Go-Jek muncul sebagai solusi.
3.      Apa yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor? Apa kelebihan dan keunikannya?
Contoh: Go-Jek menawarkan fixed price untuk layanannya sehingga lebih murah, sementara Uber tidak, yang masih bergantung dengan kondisi lalu lintas maka harga sewaktu-waktu bisa naik.
2. Siapkan Produk
Jika Anda saat ini hanya akan menjalani bisnis online Anda seorang diri, maka Anda harus menemukan vendor yang tepat untuk menciptakan sebuah produk. Jika sudah, mulai berkreasi dengan produk bisnis Anda. Tak perlu terlalu inovatif di tahap awal, atau jika Anda memang memiliki ide yang sangat inovatif, maka langsung realisasikan. Ketika produk Anda sudah selesai, jangan langsung menjualnya di internet. Sebarkan terlebih dahulu ke teman atau kerabat Anda, minta tanggapan mereka.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menentukan produk bisnis yang tepat dan berkualitas:
1.      Temukan manfaat dan keunggulan utama dari produk Anda.
2.      Temukan keunikan utama produk Anda.
3.      Apakah kualitasnya sudah terjamin?
4.      Perbaiki produk jika Anda mendapatkan kritik.
5.      Terus menggali ide bisnis dari pasar potensial Anda.

3. Pemasaran Online: Bagaimana Pemasaran di Internet Dapat Dikerjakan?
Prinsipnya hampir serupa dengan offline, namun ada banyak faktor yang membuat Anda harus bekerja super ekstra. Di internet, semua orang, siapa pun dan di mana pun mereka berada sangat mungkin untuk menikmati bisnis Anda. Tapi bagaimana caranya agar mereka bisa sampai kepada Anda? Itulah peran pemasaran online atau online marketing.
Berikut beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan pemasaran melalui internet:
1.      Membuat sebuah Blog untuk kepentingan content marketing.
2.      Membuat media sosial khusus untuk bisnis Anda: Facebook Fanpage, Twitter, Instagram Business, hingga Youtube dan Linkedin
3.      Aktif berpartisipasi di forum tapi jangan melulu mempromosikan bisnis Anda, melainkan membantu menjawab permasalahan dan memberikan solusi yang tepat.
4.      Pelajari SEO.
5.      Belajar internet marketing lebih dalam lagi.



4. Bangun Website Khusus Untuk Bisnis Online
Apapun jenis bisnis Anda, sebuah website khusus tentunya sangat penting jika Anda memang berniat untuk berbisnis di internet. Buatlah sebuah website untuk bisnis online Anda menggunakan platform berikut:
-       WordPress
-       Shopify
-       Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar