Selasa, 10 September 2019

Cara Menjadi Wirausahawan yang Kreatif


Pengertian Kreativitas
Pengertian kreativitas yang sering digunakan oleh para psikologis dalam pengkajiannya akan membantu memperlihatkan apa yang tidak benar atau hanya benar sebagian dan berbentuk, Adapun pengertian kretivitas yang populer sebagai berikut: 


  • Kreativitas adalah sebagai suatu proses untuk menghasilkan yang baru, apakah itu berupa gagasan atau benda dalam bentuk atau rangkaian yang menghasilkan. Penekanan pada tindakan menghasilkan ketimbang pada hasil akhir dari tindakan tersebut.
  • Kreativitas adalah sebagian kreasi sesuatu yang baru dan orsinil secara kebetulan, dengan terdapatnya bukti yang nyata dari hasil pekerjaan yang dilakukan. Jadi kreativitas mempunyai tujuan yang mungkin tidak lebih dari kesenangan langsung yang diperolehnya.
  • Kreativitas adalah apa saja yang diciptakan selalu baru dan berbeda dari apa yang telah ada serta bentuknya unik, hal ini hanya benar sebagian karena untuk menciptakan hal yang baru masih perlu konsep yang lama.

Beberapa Cara Menjadi Kreatif
1.    Buatlah gambar-gambar (doodle) jenaka di waktu luang. Ketahui bahwa menggambar doodle yang sering dianggap kekanak-kanakan sesungguhnya dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas sebab aktivitas ini bisa menumbuhkan rasa peduli kepada kondisi sekitar dan memperpanjang rentang atensi. Saat menggambar, Anda akan tetap terfokus pada kegiatan yang sedang dilakukan sehingga tidak melamun. Semakin banyak informasi yang Anda terima membuat Anda semakin kreatif.
-       Gambarlah doodle ketika tersadar bahwa Anda sedang melamun, misalnya saat Anda kesulitan berkonsentrasi selama mengikuti rapat kerja atau mendengarkan pelajaran yang membosankan.
-       Biasakan menggambar doodle di buku sketsa saat muncul rasa bosan atau jenuh.

2.    Tulislah kisah fiksi singkat. Fiksi singkat adalah cerita pendek kurang dari 100 kata. Menulis fiksi singkat bisa meningkatkan kreativitas sebab Anda akan berusaha mengarang cerita dari awal sampai akhir dengan merangkai kata sesedikit mungkin. Dengan demikian, Anda mampu menyampaikan informasi penting dengan media terbatas.
-       Carilah komunitas penulis cerita fiksi singkat melalui internet. Bergabunglah dalam komunitas, tanggapi komentar pembaca, dan ikuti perlombaan.
3 Dengarkan musik. Untuk memunculkan ide kreatif, dengarkan musik sambil beraktivitas. Cara ini membuat Anda lebih mampu mempertahankan fokus dan berkonsentrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik klasik mampu meningkatkan kreativitas dan kemampuan berkonsentrasi.[4]
-       Ingatlah bahwa tidak semua genre musik memberikan manfaat yang sama bagi setiap orang. Walaupun musik klasik bermanfaat bagi banyak orang, carilah musik yang paling sesuai agar Anda lebih mudah berkonsentrasi dan berkreasi.


Pengertian Kewirausahaan.
·         Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Proses kewirausahaan
·         proses kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi.Inovasi tersebut dipengeruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari pribadi maupun di luar pribadi, seperti pendidikan, sosiologi, organisasi, kebudayaan dan lingkungan. Faktor-faktor tersebut membentuk ‘’locus of control’’, kreativitas, keinovasian, implementasi, dan pertumbuhan yang kemudian berkembangan menjadi wirausahawan yang besar.Secara internal, keinovasian dipengaruhi oleh faktor yang bersal dari individu, seperti locus of control, toleransi, nilai-nilai, pendidikan, pengalaman. Sedangkan faktor yang berasal dari lingkungan yang memengaruhi diantaranya model peran, aktivitas, dan peluang. Oleh karena itu, inovasi berkembang menjadi kewirausahaan melalui proses yang dipengaruhi lingkungan, organisasi, dan keluarga.
·         Keberhasilan wirausaha dicapai apabila wirausaha menggunakan produk, proses, dan jasa-jasa inovasi sebagai alat untuk menggali perubahan.
·         Mengubah tantangan menjadi peluang
·         Menciptakan permintaan melalui penemuan baru (market driven).

Cara Menjadi Wirausahawan yang Baik
1. Fokus dengan Tujuan Anda
Jangan terlalu terburu-buru untuk mulai berbisnis di berbagai bidang. Pilihlah salah satu bidang yang paling anda kuasai untuk mulai memaksimalkan potensi dan bakat anda. Fokuslah dengan inovasi produk yang akan merebut perhatian calon pelanggan. Setelah bisnis anda mulai terbentuk, anda dapat mulai berfokus pada pengembangan level bisnis yang tentunya diiringi dengan inovasi tanpa henti.
2. Bekerja dengan Disiplin
Mulailah disiplin dari hal-hal kecil, misalnya menetapkan jam masuk bagi para karyawan Anda serta mulai membuat peraturan mengenai tata tertib selama melayani para pelanggan.
3. Pelajari Sistem Bisnis Anda secara Keseluruhan
Karena anda adalah sang pemiliki bisnis yang membentuk sistem dan bertanggung jawab atas keseluruhan proses bisnis, hendaknya anda dapat memahami keseluruhan sistem bisnis yang anda buat. Jangan pernah bergantung pada karyawan dalam berbagai hal. Sehingga sekali pun karyawan anda memutuskan untuk resign secara mendadak, anda tak akan kerepotan untuk mengurus sistem bisnis yang menjadi tugas karyawan tersebut.
4. Bersikap dengan Bijak dan Persuasif
Anda mungkin saja merupakan pribadi introvert yang tidak terlalu suka beramah tamah dengan orang lain. Namun hal tersebut harus anda kesampingkan ketika anda berniat untuk merintis sebuah bisnis. Mulailah belajar menempatkan diri untuk berbaur dengan orang lain. Sikap humble dan terbuka anda mampu membuat orang lain tertarik dengan bisnis yang anda bangun. Jadi, ada saatnya anda dapat menjadi diri sendiri dan ada saatnya anda harus mampu mengeluarkan kemampuan komunikasi secara persuasif.
5. Jalinlah Relasi yang Baik dengan Orang Lain
Jalinlah relasi yang baik dan komunikatif dengan semua orang, dari semua kalangan sosial dan semua kalangan umur. Karena anda tak akan pernah tahu dari mana rezeki akan datang.



sumber :
- http://mangihot.blogspot.com/2016/11/pengertian-kreativitas.html
- https://id.wikihow.com/Menjadi-Kreatif
- https://www.maxmanroe.com/belajar-menjadi-wirausahawan-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar