1. Pilih Platform yang
Tepat untuk Website
Membuat website adalah pondasi utama
supaya jualan online Anda semakin sukses dan berkembang.
Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di dunia maya website adalah toko
Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih platform untuk website. Platform yang
tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan tentu saja pelanggan Anda.
Platform pembuatan website rekomendasi kami
adalah WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya
paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.
Selain itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’
terbaik untuk website Anda. Website yang Anda buat menggunakan WordPress
membutuhkan hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua
file, dari gambar, HTML, hingga konten.
2. Gunakan Tema
Profesional
Setelah membuat website menggunakan WordPress
dan menyewa layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih
tema profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis.
Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa
inspirasi tema WordPress di artikel template
WordPress gratis.
3. Dapatkan Pelanggan
dari Trafik Organik
Hasil pencarian di Google adalah sumber utama
trafik bagi sebagian besar website. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di
hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine
Optimization adalah kumpulan panduan dan teknik untuk membuat website Anda
search engine friendly.
Kami sudah membahas langkah-langkah apa saja
untuk mengoptimasi SEO WordPress Anda di artikel SEO WordPress
untuk Website Anda dalam 16 Tips Mudah. Anda dapat mengikuti panduan
tersebut dan menerapkannya di website Anda. Namun, harus dipahami juga bahwa
membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari SEO. Jadi Anda
harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.
4. Susun Strategi Content
Marketing
Content marketing adalah strategi membuat
konten yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan
strategi content marketing memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik yang
berpotensi untuk menjadi konsumen.
Salah satu cara paling efektif untuk
menjalankan strategi content marketing adalah dengan menambahkan blog ke
website Anda. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara
terpisah.
Di blog tersebut Anda bisa menerbitkan
konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan
trafik ke website Anda. Anda juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di
blog agar para pengunjung blog membeli produk yang Anda jual di website. Anda
bisa mempelajari lebih lanjut mengenai strategi content marketing di
artikel Strategi Content
Marketing.
5. Buat Keputusan
Berdasarkan Google Analytics
Kebanyakan para pebisnis pemula hanya
memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk
bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa
membuat bisnis Anda tidak terarah.
Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis
sebaiknya gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat
membantu Anda menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di
website Anda. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk
mana yang paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga
jumlah pengunjung yang meninggalkan website.
Anda bisa memasang Google Analytics di
WordPress dengan mengikuti panduan di artikel Panduan Memasang
Google Analytics.
6. Manfaatkan Media
Sosial
Media sosial tidak hanya memudahkan
orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat Anda
manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online Anda. Mengingat penduduk
Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.
Agar bisa meningkatkan penjualan online
melalui media sosial, Anda perlu menyusun strategi social media marketing yang
tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial.
Ikuti panduan di artikel Panduan Lengkap
Social Media Marketing untuk menyusun strategi efektif untuk
kampanye media sosial.
7. Aktif di Komunitas
Online
Komunitas online seperti grup Facebook,
Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon
konsumen Anda. Temukan forum-forum online yang berkaitan dengan industri Anda.
Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis traveling, Anda bisa mengikuti
forum-forum yang membahas tentang traveling dan liburan.
Di forum-forum tersebut Anda bisa menemukan
tren terbaru di kalangan konsumen, masalah yang dihadapi konsumen, dan bahkan
masukan untuk industri Anda. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan kualitas
produk atau layanan Anda berdasarkan temuan dari forum-forum online tersebut.
8. Tunjukkan Testimoni
Pelanggan
Testimoni pelanggan bisa menjadi senjata Anda
untuk meyakinkan calon konsumen. Kumpulan testimoni pelanggan bisa mempengaruhi
calon konsumen yang sebelumnya ragu dengan produk Anda menjadi yakin untuk
mencoba. Anda bisa meletakkan testimoni pelanggan di halaman produk, landing
page, atau bahkan halaman utama website Anda.
9. Sediakan Berbagai
Macam Metode Pembayaran
Pelanggan Anda tidak hanya menggunakan satu
bank tertentu. Ada yang menggunakan BCA, BNI, Bank Permata, Bank Danamon, BRI,
atau Bank Mandiri. Ada juga yang lebih suka membayar melalui kartu kredit atau
mobile payment tertentu seperti Go-Pay, OVO, dan T-Cash.
Tawarkan berbagai macam metode pembayaran
untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam membayar tagihan mereka. Menambah
metode pembayaran turut membantu meningkatkan penjualan online bisnis karena
pelanggan memiliki banyak pilihan cara untuk membayar. Salah satu contohnya
adalah Niagahoster bekerja sama dengan Go-Pay untuk mempermudah klien untuk
membayar tagihan hosting, domain, atau VPS.
10. Buat Iklan yang Jujur
Kejujuran dalam membuat iklan adalah hal
krusial untuk reputasi bisnis Anda. Anda memang harus membuat iklan yang unik,
kreatif, dan menarik. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyisipkan
klaim-klaim tidak jujur dalam iklan. Iklan yang tidak jujur hanya akan memperburuk
kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen.
11. Optimasi Mobile
Optimasi website untuk perangkat mobile
merupakan hal wajib untuk semua bisnis. Hal ini disebabkan oleh perilaku
pengguna internet Indonesia yang mayoritas menggunakan perangkat mobile untuk mengakses
internet.
Berdasarkan riset Google, sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet
melalui perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet Indonesia mengakses
internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih cepat diakses. Sebagai
pemilik website Anda harus menjawab tantangan ini dengan mengoptimasi kecepatan
loading website di perangkat mobile.
Selain penting untuk kenyamanan pengguna
perangkat mobile, website yang dioptimasi untuk perangkat mobile juga lebih
disukai oleh Google. Sejak 2017, Google telah resmi menerapkan mobile-first indexing yang
artinya performa website Anda di perangkat mobile menjadi salah satu faktor
terpenting dalam penilaian Google. Lebih bagus performa website di perangkat
mobile, kemungkinan lebih tinggi pula peringkat yang bisa diperoleh di hasil
pencarian Google.
cr : https://www.niagahoster.co.id/blog/penjualan-online/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar